TEGALASAH SENTRA PENGRAJIN DULANG DI KABUPATEN BANGLI

27 September 2018 08:28:35 ADMIN TEMBUKU Berita Desa

Desa Tegalasah menjadi pusat Kerajinan Dulang dari  kayu di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Dulang yang merupakan kerajinan khas Bali yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh banten pajegan/banten yang bahan-bahannya ditumpuk  dengan motifnya bermacam macam mulai dari yang diukir, dicat/dihias dengan motif yang sangat menarik tidak hanya dipasarkan pada pasar lokal Kabupaten Bangli namun sudah mampu merambah ke pasar di kabupaten lainnya seperti Gianyar, Klungkung, Karangasem, Tabanan, Jembrana, Singaraja, Denpasar dan bahkan sudah masuk pasar luar Bali.

Dulang merupakan salah satu sarana atau tempat banten yang disebut gebogan. Para umat Hindu khususnya di Bali membuat persembahan upakara dengan perasaann yang tulus iklas disertai dengan rasa bakti yang tinggi, sehingga membuat sebuah gebogan harus terlihat indah dan menarik. Untuk itu diperlukan alas tempat  atau tatakan berupa dulang yang bagus, berisi ukiran-ukiran prada, sehingga terlihat sangan artistik.

Pada jaman dulu, dulang Bali dibuat dari kayu kemudian di bentuk sedemikian rupa, sehingga bentuknya dapat menopang aneka buah-buahan dan jajan. Dan untuk terlihat seni harus di ukir kemudian dipulas dengan cat baik dengan warna natural maupun dicat prada. Pengerjaan dulang dengan kayu tersebut sangat rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama karena proses pengukirannya sangat diperlukan ketelitian dan rasa seni yang tinggi. Sehingga pada waktu dahulu  untuk 1 buah dulang dari kayu Cempaka yang asli dengan ukiran Prada bisa mencapai harga sampai 1 jutaan lebih. tergantung dari bahan kayunya dan kerumitan ukirannya.

Kebanyakan dulang terbuat dari bahan dasar kayu (pinis, belalu,dsb) walaupun belakangan ada juga yang dibuat dari bahan fiber.  Namun demikian, dulang dengan bahan dasar kayu tetap lebih disukai oleh pasar, selain karena kayu lebih kuat dan harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan fiber. Dari segi finishingnya pun dulang terbagi-bagi lagi menjadi dulang  dengan ragam hias yang dicat, ada juga dulang yang diukir, dikombinasi dengan material lain seperti rotan, kaca dan sebagainya. Namun, dulang kayu dengan motif yang dicat, saat ini tetap merupakan jenis yang paling laku di pasaran. Kayu biasanya didapakan dengan cara berburu. Kayu ini lalu dibentuk kasar terlebih dahulu oleh seorang tukang kampak. Lalu dibentuk dengan mesin bubut selama kurang lebih 20-30 menit. Bakal dulang ini lalu dikeringkan di tempat teduh selama 2 – 3 bulan untuk memastikan penguapan air dari dalam kayu maksimal. Dalam proses pembuatannya, dulang tidak dijemur di bawah matahari untuk mempercepat proses pengeringannya, karena proses pengeringan sepertti itu, justru akan membuat dulang mudah pecah.

Setelah dianggap cukup kering, Dulang lalu di’plamuur’ agar menghaluskan permukaan dengan menutup pori-pori kayu.  Dengan demikian proses pewarnaan dasar bisa dilakukan dengan baik. Setelah warna dasar mengering, barulah warna  yang mengikuti design grafisnya dilakukan.

Kita bisa  mendapatkan dulang dari seluruh pasar-pasar tradisional di Bali. Termasuk dari pasar-pasar seni maupun pameran-pameran seni. Namun tidak banyak yang tahu, bahwa pusat pembuatan dulang di Bali terletak di  Bangli. Salah satu desa di Bangli yang memproduksi dulang adalah dusun Tegalasah, Desa Tembuku, Bangli. Di desa ini, dulang banyak dibuat dengan skala industri rumah tangga. Dulang yang dibuat di desa ini dibuat sampai proses pewarnaan atau proses akhir dari pembuatan dulang tersebut.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

PERBEKEL SEKRETARIS DESA KASI PEMERINTAHAN KASI KESEJAHTRAAN RAKYAT KASI PELAYANAN KAUR KEUANGAN KAUR PERENCANAAN KAUR UMUM KELIAN BANJAR DINAS KEDUI KELIAN BANJAR DINAS TEGALASAH KELIAN BANJAR DINAS PENIDA KAJA KELIAN BANJAR DINAS PENIDA KELOD KELIAN BANJAR DINAS TEMBUKU KAJA KELIAN BANJAR DINAS TEMBUKU KAWAN KELIAN BANJAR DINAS TEMBUKU BAKAS KELIAN BANJAR DINAS TEMBUKU SESETAN PLKB DESA TEMBUKU BIDAN DESA

Perpustakaan Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung